Pemerintah Kembangkan Instrumen Pendanaan Proyek Infrastruktur
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 13-09-2017, 04:55 PM - Forum: Infrastruktur - No Replies

Pemerintah dengan Otoritas Layanan Keuangan (OJK) juga akan meningkatkan beragam instrumen dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah.


Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, sekarang ini product yang bisa dipakai untuk mendanai infrastruktur seperti KIK-EBA serta DIRE‎ yang telah dikerjakan oleh perusahaan nasional.

‎Skema konsesi terbatas itu tawarkan pemberian konsesi pada pihak swasta pada aset infrastruktur yang telah beroperasi serta hasilkan keuntungan, harga pompa air hingga keterlibatan swasta jadi tinggi pada project infrastruktur.

Baca : Sindir Setya Novanto, KPK : Tidak Ada Basic Hukum yang Dapat Hentikan Penyidikan karna Praperadilan

" Namun dasarnya kita mencari instrumen yang masih tetap dapat diperkembang, ditambah, supaya keikutsertaan swasta serta orang-orang makin luas dalam pembiayaan infrastruktur agar janganlah semua pakai APBN, " tutur Darmin.

‎Selain perbanyak instrumen, kata Darmin, OJK juga selalu merampingkan beragam persyaratat dalam penerbitan semuanya product investasi dalam hitungan minggu.

" ‎Kami bicara dengan OJK, mereka katakan dapat lebih cepat, dapat usai dalam dua mingguan, " ucap Darmin.

Print this item
  The Predator dan Aborsi Nasionalisme
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 13-09-2017, 04:47 PM - Forum: Nasional - No Replies

Masih tetap pantaskah Indonesia dimaksud Negara berdasar pada hukum?. Demikian pula, masih tetap kah Indonesia dinyatakan Negara berdasar pada kedaulatan Rakyat?.

Dua pernyataan diatas yaitu prinsip prinsip yang memicu pembentukan Negara kesatuan Republik Indonesia. Indonesia sebenarnya tidak dibuat bedasarkan demokrasi Marxisme, Liberalisme serta sosialisme.

Didalam Histori praktik system kenegaraan Indonesia, Soekarno coba merekonstruksi system Demokrasi Indonesia berdasar pada Marxisme Sosialisme, harga hp oppo namun tidak berhasil bahkan juga nyaris membawa petaka perpecahan Bangsa Indonesia. Sedang Soeharto meletakan system Negara berdasar pada nilai nilai Pancasila dengan murni serta berkelanjutan sepanjang 32 th..

Pancasila itu yaitu idiologi anti Demokrasi yang dibuat berdasar pada Marxisme, Sosialisme serta Liberal. Marxisme, Sosialisme serta Liberal yaitu adalah tempat subur lahirnya demokrasi predator. Pancasila itu memiliki kandungan nilai nilai demokrasi yang sesuai sama kodrat manusia jadi mahluk sosial serta mahluk ber Ketuhanan.

Hingga Demokrasi yang diadakan dan dipraktekan dalam System Indonesia sekarang ini cepat atau lambat juga akan jadi predator pada nilai nilai kehidupan bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia juga akan jadi budak politik, dengan system demokrasi ini, juga akan membawa efek jelek untuk Bangsa Indonesia yakni jadi Bangsa yang kehilangan kelebihan ekonomi serta peluang nikmati hidup yang layak.

Setelah itu, kalau System demokrasi yang dibuat berdasar pada Marxisme, Sosialisme serta Liberal selain jadi predator akan mengaborsi nasionalisme Bangsa Indonesia. Ini dapat dirasa karena mengubah system demokrasi Pancasila jadi demokrasi Liberal, Marxisme serta Sosialisme.

Nasionalisme Bangsa Indonesia terpecah belah, ini dikarenakan aspek aspek ekonomi produktif dikuasai oleh segelintir kelompok spesifik berdasar pada Penonjolan Ras.

Lagi, kita jadi Bangsa yang berpradaban mesti sadar kalau Bangsa Indonesia tidak dapat dibuat lewat cara langkah demokrasi Marxisme, Sosialisme serta Liberalisme. Demokrasi begini yaitu A historis tidak cocok dengan cultur serta pradaban Bangsa Indonesia.

Memercayakan Demokrasi seperti yang tengah dipraktekan sekarang ini, Bangsa Indonesia akan tidak sempat rasakan keadilan serta kesejahteraan, Malah Bangsa Indonesia juga akan jadi budak politik, Bangsa Indonesia juga akan alami ketidak adilan politik, hukum, Ekonomi serta Sosial.

Bangsa Indonesia juga akan jadi korban predator Demokrasi Marxisme, Sosialisme serta Liberalisme. Demikian pula kalau Demokrasi Amandemen UUD2002 juga akan mengaborsi rasa Nasionalisme Bangsa Indonesia, hal semacam ini karena Demokrasi yang dibuat tidak cocok dengan ciri-khas serta Jati diri Bangsa Indonesia.

Demokrasi Indonesia yang dibuat atas pandangan pribadi tentang Pancasila, tentang Nasionalisme, Ras serta politik yaitu Demokrasi yang dibuat oleh kombinasi sentimen serta ide Capitalisme, Marxisme serta Sosialisme.

Kekuasaan apa pun yang di hasilkan dari system begini mempunyai ciri ciri : ketentuan yang di buat dengan opportunis dan di dikte oleh satu momen bukanlah rencana, Demikian pula design Pemerintahan yang seringkali kacau serta bertentangan.

Kembali ke nilai nilai system Pancasila, juga akan hasilkan teritori demokrasi yang sesuai sama pradaban Indonesia. Apa apabila Bangsa Indonesia tidak selekasnya kembali ke system nilai nilai Pancasila jadi basic system teritori politik serta teritori Demokrasi, jadi kekuasaan apa pun yang dibuat dalam satu Demokrasi yang tidak cocok dengan Konstruksi Konstitusi awal Negara Indonesia, jadi Demokrasi dan atribut kekuasaan yang dibuatnya juga akan jadikan bangsa Indonesia budak politik serta budak Ekonomi.

Demikian pula kalau Demokrasi Liberalisme serta Marxisme yang tidak cocok dengan nilai nilai Pancasila cuma juga akan Jadi Predator untuk Bangsa Indonesis, dan mengaborsi rasa Nasionalisme.

Print this item
  Parpol Berperan Besar Menjaga Nasionalisme
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 13-09-2017, 04:42 PM - Forum: Nasional - No Replies

Staf Spesial Presiden, Diaz Hendropriyono menyebutkan, sekarang ini kultur individualisme yang tidak cocok dengan nilai Pancasila, yakni gotong royong, selalu menggerus dunia, termasuk juga rakyat Indonesia. Bila tidak dipertahankan, kultur individualisme itu dapat mengganggu nasionalisme Indonesia.

Partai politik (parpol) bertindak besar dalam melindungi supaya nasionalisme dapat tumbuh serta berkembang di sanubari rakyat Indonesia. Hal tersebut disebutkan Diaz waktu menghadiri acara pelantikan pengurus Partai Keadilan serta Persatuan Indonesia (PKPI) Kepulauan Riau di Batam, Senin (10/9).

Pada saat itu, Diaz mengutamakan kalau partai politik memainkan peranan selalu untuk mengingatkan kadernya mengenai prinsip-prinsip Pancasila jadi usaha melindungi nasionalisme.

“Dulu rakyat berkumpul di alun-alun untuk berhubungan dengan segera. Saat ini, itu mulai menyusut, karna ada tehnologi. Sesaat, tanda intoleransi merebak di mana-mana. Mushala dibakar, gereja dibakar, wihara dibakar. Indonesia tidak dapat begini, ” katanya.

Menurut Diaz, kultur individualisme itu tidak bisa memecah nasionalisme bangsa Indonesia. Sebab, bagaimana juga gotong royong masih tetap dibutuhkan dalam pembangunan bangsa. Dalam hal semacam ini, dia menyatakan, terobosan pemerintah untuk turunkan harga semen jadi Rp 500. 000/sak di Papua akan tidak sempat terwujud tidak ada gotong royong, terlebih dari BUMN serta TNI AU. Demikian halnya perihal dengan kebijakan BBM satu harga.

Terkecuali mengatakan selamat pada kader yang dilantik, Diaz juga dengarkan masukan orang-orang Batam untuk di sampaikan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Batam ini tengah alami stagnansi. Perkembangan ekonomi jadi begitu susah. Mohon di sampaikan pada Ayah Presiden, ” tutur Ketua Dewan Penasihat DPP PKPI Kepulauan Riau, Sastra Wijaya.

Ketua PKPI Kepri, Firmanysah memberikan, pihaknya bertekan untuk jadi partai dengan pencapaian nada tiga besar periode kepengurusannya sekarang ini. Dia juga menyerukan kalau tidak bisa ada perpecahan di badan PKPI, yang serentak diterima oleh beberapa tamu acara.

Sesaat, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional PKPI Djati Nuswanto juga mengajak warga Pulau Batam untuk jadi ujung tombak dalam melindungi kedaulatan NKRI.

Acara itu juga di hadiri oleh beragam elemen orang-orang, cara membuat susu kadelai seperti Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat), Himpunan Orang-orang Bima Kota Batam, dan Srikandi Kota Batam. Mereka menyebutkan support pada PKPI, yang di terima segera oleh Firmanysah. Acara ditutup dengan tampilan Grup Zikir Melayu dari SMA 07 Pulau Kasu serta Kesenian Zikir Sanggar Dang Gemini.

Print this item
  Yudhistira, Pelamar CPNS Pertama Datang dari Palangkaraya
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 13-09-2017, 04:30 PM - Forum: Sosial Politik - No Replies

PAMOR profesi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih tetap jadi idaman banyak kelompok umur produktif. Tidak mengetahui rintang pada jauhnya jarak kampung halaman dengan daerah yang tengah buka lowongan CPNS. Semuanya dilewati.


Seperti dikerjakan Yudistira (33). Calon bapak yang tengah menanti kelahiran anak pertamanya ini, jauh datang dari Palangkaraya, Propinsi Kalimantan Tengah ke Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Pemprov Kalimantan Utara hanya satu instansi pemerintahan di daerah yang di beri restu Kemenpan RB mengadakan seleksi CPNS th. 2017 ini. Ada 500 kuota CPNS dari 109 type jabatan yang dapat dilamar.

Obsesi jadi seseorang abdi negara memanglah jadi idaman Yudistira. Pendapatan jadi abdi negara di rasa juga akan cukup baginya untuk menghidupi anak serta istrinya jauh ke depan.

 " Profesi ini tawarkan kepastian jaminan hidup, harga mesin cuci intinya pensiun. Terlebih istri saya tengah hamil anak pertama. Keinginan saya dapat membiayai anak saya juga hingga usai kuliah nantinya, " katanya waktu didapati di Kantor Tubuh Kepegawaian daerah (BKD) Kalimantan Utara, Jalan Durian, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Selasa (12/9).

Ia tiba di Tanjung Selor, Senin (11/9/2017) sesudah meniti perjalan memakai pesawat udara dari Palangkaraya, transit di Balikpapan (Kalimantan Timur), lalu menuju Tarakan (Kalimantan Utara) sekali lagi. Dari Tarakan, Yudhistira naik speedboat sepanjang dua jam sampai hingga di Tanjung Selor.

Cost yang disediakan lulusan th. 2015 Fakultas Sospol Kampus Palangkaraya ini cuma sekitaran Rp 2, 5 juta. Ticket pulang-pergi dianggarkan sekitaran Rp 1, 8 juta.

 " Bekasnya untuk cost makan serta bermalam losmen. Serta kebetulan ada juga rekan disini, keduanya sama anak Mapala, " tuturnya.

Yudistira mendaftar pada jabatan Penyuluh Kepemudaan. Peletakan jabatan ini adalah di Dinas Pemuda serta Berolahraga Propinsi Kalimantan Utara.

 " Kebetulan jurusan saya berada di sini. Penerimaan di sebagian kementerian ada juga. Namun prasyarat di kementerian akreditasi mesti B, sedang disini dapat C. Di Kemenenaker juga C sebenarnya, namun jurusan saya ada, " tutur pria yang menekuni usaha e-commerce di Palangkaraya ini.

Yudistira belum juga pikirkan sangat jauh masalah kelulusan. Yang terutama baginya, prasyarat administrasi berhasil terlebih dulu.

 " Saya juga akan lewati step per step. Konsentrasi di administrasi dahulu. Alhamdulilah, tuturnya saya yang pertama kalinya memasukkan pendafataran ke BKD Kalimantan Utara, " katanya.

 " Yang tentu, pasti saya juga akan belajar. Intinya salat dijaga serta berdoa, " katanya.

Kepala BKD Kalimantan Utara Muhammad Ishak mengonfirmasi kalau sampai siang tempo hari baru dua orang yang memasukkan berkas kriteria sesudah lewat sistem registrasi serta penentuan jurusan dengan daring (on-line).  " Siang hari ini baru ada 2 orang. Yang pertama barusan dari Palangkaraya, " kata Ishak.

Print this item
  Rapat Pleno, 41.711 Suara untuk Calon Perseorangan
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 13-09-2017, 04:22 PM - Forum: Sosial Politik - No Replies

Komisi Pemlihan Umum (KPU) Daerah OKI menggelar rapat Pleno Tahapan Pemilukada serentak 2018 tentang penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan, Minggu (10/9) di sekretariat KPUD OKI. Rapat berdasarakan PKPU I KPUD OKI tentang tahapan program dan jadwal.

Ketua KPUD OKI Dedi Irawan, S.IP, M.Si didampingi Penyampaian Divisi Teknis dan Hupmas KPUD OKI Amrullah Spd, bahwa sebagai dasar penetapan jumlah minimum persyaratan asinan buah calon perseorangan adalah DPT Pilpres 2014. Yakni sebanyak 556.137 pemilih. Lalu persentase dukungan persyaratan bagi calon perseorangan untuk Pemilihan bupati dan wakil bupati OKI tahun 2018 sebesar 7,5% berdasarkan rekapitulasi DPT Pemilu/pemilihan terakhir.

“Sehingga jumlah minimal dukungan bagi  calon perseorangan untuk bupati dan wakil bupati OKI tahun 2018 adalah 41,711 pemilih,” ungkapnya.

Lalu jumlah dukungan harus tersebar di lebih dari 50 % jumlah kecamatan di Kabupaten OKI.

Sementara Kapolres OKI AKBP Ade Harianto melalui Kanit Sosial Politik Ipda Sospol Ipda Sudiarto yang hadir dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa agar dilakukan koordinasi dan sosialisasi secara maksimal antar pihak Panwas, KPU, dan instansi terkait lainnya.

“Hal ini guna mengantisipasi penyusupan pemilih dari wilayah lain karena kabupaten  OKI berbatasan dengan Ogan Ilir dan Kabupaten OKU Timur ( yang tidak melaksanakan Pilkada 2018 ), sementara Kabupaten Banyuasin melaksanakan pilkada,” ungkapnya.
Baca Juga :  Kepala Daerah Dilantik Bertahap

Dalam giat tersebut dihadiri pula  Ketua Panwaslu OKI Fachrudin, Kesbangpol Linmas OKI Drs. Ambiah, Kepala Disdukcapil OKI diwakili oleh Kabid Data Novan, Kapolres OKI diwakili oleh Kanit Sospol Ipda Sudiarto.

Print this item
  Tips Kelola Keuangan Saat Krisis Ekonomi Terjadi
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 11-09-2017, 11:51 AM - Forum: Ekonomi - No Replies

Krisis ekonomi bisa terjadi kapan saja. Tentunya kondisi krisis ekonomi akan membuat banyak orang khawatir, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis.


Hal ini kemudian akan membuat orang-orang memutar otak tentang pengelolaan uang agar tak merugi saat krisis ekonomi sedang menghampiri.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk dapat mengelola keuangan saat ekonomi sedang mengalami krisis, seperti mengutip cermati.com.

1. Membuat Daftar Kebutuhan Prioritas

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali saat kondisi ekonomi sedang mengalami krisis adalah membuat daftar kebutuhan prioritas. Tentukan terlebih dahulu mana kebutuhan yang penting dan utama. Jangan menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak penting.

Dalam kondisi krisis seperti ini, tata cara mandi wajib jalan satu-satunya yang tepat adalah dengan melakukan penghematan. Yang dimaksud penghematan di sini adalah Anda harus lebih teliti dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Tundalah keinginan-keinginan yang tidak penting. Penuhilah kebutuhan-kebutuhan yang Anda masukkan ke dalam daftar prioritas.

2. Lunasi Utang Segera Sebelum Krisis Makin Parah

Karena kondisi ekonomi yang sedang krisis, akan lebih baik jika Anda segera melunasi segala utang-utang yang dimiliki. Apalagi jika utang tersebut merupakan utang kartu kredit.

Bila tak segera Anda lunasi, tentu saja akan membuat bunga makin bertambah banyak. Bunga kartu kredit akan semakin besar kalau Anda segera tak melunasinya.

3. Alokasikan Uang dalam Bentuk Investasi

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengalokasikan tabungan dalam bentuk investasi yang tahan krisis. Idealnya, akan lebih baik jika Anda menggunakan prinsip berinvestasi tidak ke satu keranjang.

Sebab hal tersebut akan sangat berisiko. Jika Anda tak pandai mendiversifikasikan dana ke dalam beberapa bentuk investasi, tentunya akan membuat resiko investasi semakin besar.

4. Batasi Pengeluaran

Karena kondisi ekonomi yang sedang krisis, ada baiknya untuk mengurangi pengeluaran setiap bulannya. Tak perlu memangkas sepenuhnya. Sebab hal tersebut merupakan hal yang sulit dilakukan.

Anda hanya perlu mengurangi pengeluaran sehari-hari. Misalnya, Anda berlangganan TV kabel. Jika merasa hal tersebut tak terlalu diperlukan, mengapa tak mencoba untuk memberhentikan berlangganan TV kabel Anda. Lebih baik nikmati saluran TV gratis dibandingkan dengan TV kabel yang belum tentu terlalu penting.

Anda bisa mengalokasikan biaya tersebut untuk ditabung ataupun hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat.

5. Miliki Banyak Uang dalam Bentuk Tunai

Meski kondisi ekonomi sedang memburuk, masih banyak kesempatan baik yang bisa Anda manfaatkan jika memang jeli melihatnya. Salah satunya adalah dengan memperbanyak dana cash.

Hal ini dikarenakan saat kondisi sedang krisis, beberapa aset berharga biasanya dijual dengan harga yang lebih murah karena kondisi orang-orang yang memang membutuhkan uang.

Dengan begitu, membuat banyak orang menjual aset-aset mereka dengan harga yang miring. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk memiliki aset produktif dengan harga yang murah.

6. Pilih Jasa Keuangan yang Tepat

Ketika memutuskan untuk menggunakan jasa dari institusi keuangan, Anda harus berhati-hati agar mengatisipasi kerugian yang bisa saja terjadi. Hal pertama yang perlu dipastikan adalah perusahaan jasa keuangan yang digunakan benar-benar dalam kondisi yang sehat.

Yang dimaksud sehat di sini adalah institusi dalam keadaan untung dan tidak sedang mengalami kerugian. Untuk mengetahui dengan jelas, Anda bisa menanyakan informasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait insitusi keuangan yang digunakan.

Print this item
  Dukung Perpres Pendidikan, PBNU: Mari Akhiri Debat Hari Sekolah
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 07-09-2017, 02:32 AM - Forum: Pendidikan - No Replies

Presiden Joko Widodo telah menandatangani dan mengumumkan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berharap perpres ini mengakhiri perdebatan soal Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan PBNU mendukung dan mengapresiasi terbitnya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dia menilai perpres tersebut sebagai bagian dari upaya negara menjaga Pancasila dan NKRI.

"Bahwa terbitnya Perpres PPK dimaksudkan untuk melahlrkan putra-putra didik, generasi bangsa yang memiliki nilai-nllai luhur bangsa, berakhlakul karimah, puasa asyura cinta tanah air, senantiasa mengedepankan tolong menolong antar sesama, dan menghormati antar satu dengan yang lain dalam bingkai kebhinnekaan," kata Said Aqil saat jumpa pers bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2017).

Dia mengatakan di lingkungan NU model penguatan pendidikan karakter sudah berjalan lama bahkan sejak NKRl belum berdiri, yakni melalui pesantren dan sampai kini juga melalui model pendidikan madrasah diniyah (madin) dengan-tiga tingkat pendidikan, yaitu diniyah ula/awaliyah (dasar), wustha (menengah), dan ulya (atas).

Baca juga: Jokowi Teken Perpres Pendidikan Karakter

"Bahwa selama inl model pendidikan madin dilakukan sepenuhnya melalui swadaya masyarakat. NU mengapresiasi terbitnya Perpres PPK inl karena dengan demikian negara juga akan turut bertanggungjawab untuk penguatan madin balk melalui alokasl anggaran APBN dan APBD maupun berbagal regulasi untuk penguatannya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Said Aqil, NU berharap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat melaksanakan dan menjalankan Perpres tentang PPK ini secara konsisten dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Said Aqil menegaskan lahirnya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 membatalkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Dia berharap perdebatan mengenai Permendikbud tersebut sudah tidak ada lagi. "Maka kita akhiri perdebatan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Selanjutnya, kita merujuk sepenuhnya kepada Perpres tentang PPK ini," katanya.

Said Aqil juga mengimbau kepada seluruh jajaran dan tingkatan kepengurusan NU serta segenap warga NU untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Perpres tentang PPK "Sebagai bagian dari keikutsertaan dalam membentuk nation building menuju masyakat adil, makmur, sejahtera lahir batin," kata dia.

Print this item
  Air Jakarta Terkontaminasi Mikroplastik, Apa Dampak Bagi Tubuh?
Posted by: Adiba Syakila Busanamuslim - 07-09-2017, 02:21 AM - Forum: Kesehatan - No Replies

Jakarta - Hasil studi terbaru mengungkap mikroplastik mengkontaminasi air ledeng dan air tanah di seluruh dunia, termasuk Jakarta. Hal itu terungkap dari analisis 159 sampel air ledeng (air keran) dari sebuah studi yang dilakukan Orb Media bersama ilmuwan dari University of Minnesota dan State University of New York.

Secara ekslusif Tempo.co mendapatkan temuan tersebut dari Orb Media. Liputan ini dipublikasikan serentak di sejumlah media terkemuka di seluruh dunia, termasuk The Guardian, hari ini. (Baca: Hasil Riset: Air di Jakarta Terkontaminasi Mikroplastik)

Sebanyak 159 sampel tersebut berasal dari delapan wilayah di lima benua. Di antaranya, yaitu Jabodetabek, Indonesia (21 sampel); New Delhi, India (17 sampel); Kampala, Uganda (26 sampel). Juga di Beirut, Lebanon (16 sampel); Amerika Serikat (36 sampel); Kuba (1 sampel); dan, niat puasa senin kamis Quito, Ekuador (24 sampel), dan Eropa (18 sampel). Dari 159 sampel air keran yang diambil dari lima negara tersebut 83 persen di antaranya mengandung partikel serat plastik mikroskopis (mikroplastik).

Mayoritas mikroplastik yang ditemukan adalah serat plastik (99,7 persen), yang berukuran 0,1-5 milimeter. Itu berarti ukurannya bisa lebih kecil ketimbang kutu rambut (Pulex irritans) atau plankton Sagitta setosa, yang tidak bakal kelihatan dengan mata telanjang.

"Jumlah rata-rata per liternya mencapai 57 partikel atau sekitar 4,34 partikel per sampel air," tulis tim yang dipimpin Mary Kosuth, peneliti kesehatan lingkungan dari University of Minnesota, dalam studi berjudul "Synthetic Polymer Contamination in Global Drinking Water: Preliminary Report" itu.

Di Indonesia, sampel diambil dari lima kawasan Jakarta; Bogor; Depok; Tangerang Selatan; dan Bekasi. Jumlahnya cukup mencengangkan. Dari 21 sampel (per sampel rata-rata 500 mililiter) yang diambil, 76 persen di antaranya terkontaminasi mikroplastik. Artinya, ada 1,9 mikroplastik pada tiap 500 mililiter air keran. Sebagian besar responden yang diambil air kerannya sebagai sampel menyatakan air tersebut untuk minum, mandi, mencuci pakaian, serta memandikan hewan peliharaan.

Print this item
  Upaya Negara Maju Menanggulangi Krisis Ekonomi Mulai Berhasil
Posted by: Ghozali Al-Mabni - 07-09-2017, 01:29 AM - Forum: Ekonomi - No Replies

Jakarta Bank Indonesia (BI) menilai upaya negara maju dalam menanggulangi krisis global mulai membuahkan hasil. Hal ini dilatarbelakangi ramalan IMF atas peningkatan pertumbuhan ekonomi dunia pada 2018.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, krisis yang melanda perekonomian global pada 2008 berkontribusi pada perlambatan ekonomi di Amerika Serikat, Uni Eropa dan China.

"‎Krisis keuangan global yang sangat mempengaruhi kinerja ekonomi Amerika Serikat, dan  Uni Eropa, dan berkontribusi pada perlambatan ekonomi di beberapa negara berkembang utama, termasuk China," kata Agus, di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (24/8/2017).


Agus mengungkapkan, saat ini upaya negara-negara maju dalam menanggulangi krisis tersebut telah menunjukan hasil. Perekonomian global kembali pulih. Berdasarkan ramalan IMF tentang pertumbuhan ekonomi global pada 2018, bisa mencapai 3,6 persen, naik 0,1 persen dibanding 2017 3,5 persen.

"Menurut prospek IMF, doa akhir dan awal tahun output global diproyeksikan tumbuh sebesar 3,5 persen pada 2017 dan 3,6 persen pada 2018, sebuah pertumbuhan yang lebih cepat dari 3,2 persen pada  2016, yang mengindikasikan pemulihan ekonomi global yang lebih kuat ," paparnya.

Menurut Agus,‎ meski perekonomian global mulai pulih, pertumbuhan tersebut masih jauh lebih rendah ketimbang rata-rata pertumbuhan ekonomi global periode 2004 sampai 2007 sebesar 4,8 persen.

"Meskipun para pembuat kebijakan telah berjuang untuk sepenuhnya pulih dari krisis, pertumbuhan ekonomi global tetap lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan 4,8 persen pada 2004-2007. Menurut kami, ini menegaskan bahwa ekonomi global telah memasuki fase normal baru," tutup Agus.

Print this item
  Indonesia Miliki Jumlah Sekolah Internasional Terbanyak di Asia Tenggara
Posted by: Aang Rusmin Nuryadin - 07-09-2017, 01:06 AM - Forum: Pendidikan - No Replies

Indonesia menempati posisi teratas di Asia Tenggara, dengan jumlah sekolah internasional terbanyak dan berada di posisi 10 global. Fakta tersebut membuat Indonesia kini menjadi tujuan utama sekolah internasional premium di Asia Tenggara, memimpin di wilayah ini dengan jumlah mencapai 192 sekolah.

Data tersebut dikeluarkan oleh ISC Research, supplier data dan informasi terkemuka di pasar sekolah internasional berbahasa Inggris-medium K-12, menjelang event pameran dan konferensi GESS Indonesia. Konferensi ini adalah acara pendidikan terbesar di kawasan, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 27-29 September 2017.

"Negara ini merupakan pasar utama bagi operator sekolah internasional dan juga suplier pendidikan karena perkembangan sektor pendidikan. Ini merupakan doa sholat dhuha kemunculan pusat pendidikan baru, dengan jumlah sekolah lokal dan internasional diperkirakan meningkat secara dramatis karena pertumbuhan populasi siswa," terang Event Director, F&E Education, penyelenggara GESS Indonesia, Matt Thompson, dalam siaran persnya, Rabu (6/9/2017).

Thompson menjelaskan, GESS Indonesia berada dalam posisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan ini, dengan mengumpulkan para pakar yang telah dikenal secara internasional untuk berbagi wawasan tentang peluang dan tantangan yang dihadapi sektor pendidikan di Indonesia.

"Sama pentingnya, para pengambil keputusan sektor pendidikan di Indonesia akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan suplier lokal dan global dari berbagai produk dan solusi khusus sektor penididikan, yang akan membantu meningkatkan efektivitas dan kinerja guru," tambah Thompson.

Dibelakang Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara dengan jumlah sekolah internasional terbanyak meliputi Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos dan Brunei. Jumlah sekolah internasional di Asia Tenggara adalah 1.027, dimana 61 sekolah internasional baru bertambah hanya dalam kurun waktu satu tahun, mulai Januari 2016 sampai Januari 2017.

Kini di tahun ketiga, GESS Indonesia mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama dan Dewan Pendidikan Jakarta.

Menghadirkan ribuan profesional pendidikan terkemuka dari seluruh wilayah dan ratusan supplier pendidikan terkemuka di dunia, GESS Indonesia dirancang sebagai salah satu konferensi dan pameran pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Banyak perusahaan menggunakan event tersebut untuk meluncurkan produk mereka di pasar pendidikan Indonesia yang sedang booming, karena menilai event tersebut sebagai wadah paling efektif untuk menjangkau masyarakat yang menjadi target.

GESS Indonesia menghadirkan konferensi gratis yang menyediakan konten relevan terbaru untuk para profesional pendidikan. David Hodgson, praktisi Master NLP, kembali hadir karena banyaknya permintaan untuk memimpin diskusi tentang berbagai topik seperti happiness in education, rules of influence and neuroscience of memory there’s something for everyone.

Dalam event tersebut juga akan ada serangkaian workshop dinamis yang menampilkan inovasi dalam produk, teknik dan hasil dari kelas untuk para guru serta bagaimana teknologi interaktif meningkatkan pembelajaran siswa, melalui integrasi STEAM dan peralatan pembelajaran digital.

Menghadirkan workshop inspiratif selama tiga hari penuh dari Google Educators dan Microsoft Innovative Educators, GESS Indonesia menyediakan peluang bagi para profesional pendidikan untuk meningkatkan kemampuan teknologi mereka, dengan sertifikasi berharga yang disediakan di seluruh sesi.

Print this item
Welcome, Guest
You have to register before you can post on our site.

Username/Email:

Password


Search Forums
(Advanced Search)
Forum Statistics
» Members: 549
» Latest member: Ivanviwo
» Forum threads: 521
» Forum posts: 800
Full Statistics
Online Users
There are currently 3 online users.
» 0 Member(s) | 3 Guest(s)
Latest Threads
Pemerintah Kembangkan Ins...
Forum: Infrastruktur
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
13-09-2017, 04:55 PM
» Replies: 0
» Views: 8
The Predator dan Aborsi N...
Forum: Nasional
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
13-09-2017, 04:47 PM
» Replies: 0
» Views: 8
Parpol Berperan Besar Men...
Forum: Nasional
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
13-09-2017, 04:42 PM
» Replies: 0
» Views: 8
Yudhistira, Pelamar CPNS ...
Forum: Sosial Politik
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
13-09-2017, 04:30 PM
» Replies: 0
» Views: 12
Rapat Pleno, 41.711 Suara...
Forum: Sosial Politik
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
13-09-2017, 04:22 PM
» Replies: 0
» Views: 5
Tips Kelola Keuangan Saat...
Forum: Ekonomi
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
11-09-2017, 11:51 AM
» Replies: 0
» Views: 8
cerita lucu banjar : hung...
Forum: Ngakak
Last Post: GameDevW
08-09-2017, 04:06 PM
» Replies: 2
» Views: 346
Dukung Perpres Pendidikan...
Forum: Pendidikan
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
07-09-2017, 02:32 AM
» Replies: 0
» Views: 8
Air Jakarta Terkontaminas...
Forum: Kesehatan
Last Post: Adiba Syakila Busanamuslim
07-09-2017, 02:21 AM
» Replies: 0
» Views: 8
Upaya Negara Maju Menangg...
Forum: Ekonomi
Last Post: Ghozali Al-Mabni
07-09-2017, 01:29 AM
» Replies: 0
» Views: 11