#1
PAMOR profesi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih tetap jadi idaman banyak kelompok umur produktif. Tidak mengetahui rintang pada jauhnya jarak kampung halaman dengan daerah yang tengah buka lowongan CPNS. Semuanya dilewati.


Seperti dikerjakan Yudistira (33). Calon bapak yang tengah menanti kelahiran anak pertamanya ini, jauh datang dari Palangkaraya, Propinsi Kalimantan Tengah ke Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Pemprov Kalimantan Utara hanya satu instansi pemerintahan di daerah yang di beri restu Kemenpan RB mengadakan seleksi CPNS th. 2017 ini. Ada 500 kuota CPNS dari 109 type jabatan yang dapat dilamar.

Obsesi jadi seseorang abdi negara memanglah jadi idaman Yudistira. Pendapatan jadi abdi negara di rasa juga akan cukup baginya untuk menghidupi anak serta istrinya jauh ke depan.

 " Profesi ini tawarkan kepastian jaminan hidup, harga mesin cuci intinya pensiun. Terlebih istri saya tengah hamil anak pertama. Keinginan saya dapat membiayai anak saya juga hingga usai kuliah nantinya, " katanya waktu didapati di Kantor Tubuh Kepegawaian daerah (BKD) Kalimantan Utara, Jalan Durian, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Selasa (12/9).

Ia tiba di Tanjung Selor, Senin (11/9/2017) sesudah meniti perjalan memakai pesawat udara dari Palangkaraya, transit di Balikpapan (Kalimantan Timur), lalu menuju Tarakan (Kalimantan Utara) sekali lagi. Dari Tarakan, Yudhistira naik speedboat sepanjang dua jam sampai hingga di Tanjung Selor.

Cost yang disediakan lulusan th. 2015 Fakultas Sospol Kampus Palangkaraya ini cuma sekitaran Rp 2, 5 juta. Ticket pulang-pergi dianggarkan sekitaran Rp 1, 8 juta.

 " Bekasnya untuk cost makan serta bermalam losmen. Serta kebetulan ada juga rekan disini, keduanya sama anak Mapala, " tuturnya.

Yudistira mendaftar pada jabatan Penyuluh Kepemudaan. Peletakan jabatan ini adalah di Dinas Pemuda serta Berolahraga Propinsi Kalimantan Utara.

 " Kebetulan jurusan saya berada di sini. Penerimaan di sebagian kementerian ada juga. Namun prasyarat di kementerian akreditasi mesti B, sedang disini dapat C. Di Kemenenaker juga C sebenarnya, namun jurusan saya ada, " tutur pria yang menekuni usaha e-commerce di Palangkaraya ini.

Yudistira belum juga pikirkan sangat jauh masalah kelulusan. Yang terutama baginya, prasyarat administrasi berhasil terlebih dulu.

 " Saya juga akan lewati step per step. Konsentrasi di administrasi dahulu. Alhamdulilah, tuturnya saya yang pertama kalinya memasukkan pendafataran ke BKD Kalimantan Utara, " katanya.

 " Yang tentu, pasti saya juga akan belajar. Intinya salat dijaga serta berdoa, " katanya.

Kepala BKD Kalimantan Utara Muhammad Ishak mengonfirmasi kalau sampai siang tempo hari baru dua orang yang memasukkan berkas kriteria sesudah lewat sistem registrasi serta penentuan jurusan dengan daring (on-line).  " Siang hari ini baru ada 2 orang. Yang pertama barusan dari Palangkaraya, " kata Ishak.
Reply

Forum Jump: