#1
Saat kepenatan sudah berada di titik tertingginya rasanya liburan bisa menjadi obat yang paling mujarab untuk meredakannya.

Dari sekian banyak pulau di Indonesia, kita mengenal salahsatu pulau yang memiliki luas yang cukup besar diantara pulau-pulau lainnya di Indonesia, yaitu Pulau Kalimantan atau dikenal juga sebagai Borneo. Pulau yang masih banyak menyimpan hutan dan keindahan alam yang sangat alami ini sangat layak menjadi salahsatu daftar kunjungan wisata anda.
Pulau Kalimantan sendiri terbagi dalam 5 wilayah adminitratif, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Setiap lokasinya memilki keunikan serta keindahan alam yang berbeda-beda dan unggulannya masing-masing.

[Image: segajah.jpg]

Dari sekian banyak lokasi wisata yang berada di Kalimantan tersebut, sepertinya kalian harus mencoba sebuah lokasi yang sangat indah dan unik. Lokasi indah nan unik tersebut terletak di Kota Bontang yang masih ke dalam bagian wilayah Kalimantan Timur.

Berbicara mengenai Bontang sebelumnya kita tahu bahwa Bontang sendiri merupakan salahsatu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa besarnya, khusunya dalam produksi migas, meskipun beberapa produk lain seperti batubara dan pupuk juga menjadi sektor andalan kota ini, namun sekarang sepertinya anda harus mencoba melihat lebih dalam pesona wisata dan keindahan alam yang dimilikinya secara lebih lanjut.
Ada beberapa keindahan alam yang bisa anda saksikan jika anda datang berkunjung ke Bontang antara lain TNK (Taman Nasional Kutai), Pulau Beras Basah, Bontang Koala, Teluk Kaba, Pantai Marina dan masih banyak nama lain yang mungkin juga sudah terdengar familiar dan akrab di telinga anda.
Dari sekian banyak nama besar lokasi pariwisata menarik di Bontang anda sepertinya harus mengunjungi sebuah pulau yang teramat indah nan unik bernama Pulau Segajah. Tidak seperti namanya pulau ini memiliki luas yang terhitung sangat kecil, di mana anda hanya akan menemukan gundukan pasir di tengah laut tanpa ada pohon bahkan rumah. Yang perlu kalian ketahui keunikan dari Pulau Segajah ini adalah pulau ini akan menghilang di malam hari dan kembali muncul di siang hari.
Muncul dan hilangnya pulau ini sendiri tidak lepas karena adanya pasang dan surut air lut yang terjadi, sehingga anda hanya bisa melihat dan berkunjung dari pagi hingga sore hari di kala air sedang surut dan harus segera meninggalkan pulau sebelum malam menjelang, sebab jika tetap tinggal maka anda pun akan ikut tenggelam bersama dengan pulau yang terendam air pasang.

Dengan mengunjungi Pulau Segajah ini anda bisa menemukan keindahan yang sangat mengagumkan, di mana pasir putih yang bersih terhampar tepat di tengah-tengah air laut yang sangat jernih. Terpaan angin laut dan kosong sejauh mata memandang mungkin bisa menjadi obat terbaik bagi anda yang sedang mencoba melepaskan beban kepenatan sehari-hari.

Eksotisme Pulau Segajah

Datanglah ketika pagi menjelang maka anda akan langsung disambut oleh sebuah pulau kecil berpasir putih bersih di tengah laut. Jangan lupa untuk membawa bangku bersantai, peralatan diving dan snorkeling, hingga makanan-makanan lezat yang menjadi perbekalan bagi anda.

Sesaat setelah anda mengnjakan kaki di Pulau Segajah yang indah dan unik ini, mungkin sejenak anda akan merasa terkagum dengan keindahan yang terhampar di depan mata anda, maka segeralah berlari dan bermain air sepuasnya di tempat indah ini. Bagi anda yang sangat senang dengan kegiatan berjemur sebaiknya segera gelar kursi santai atau alas tidur anda dan segera rasakan kehangatan sinar matahari serta udara tropis yang sangat segar menerpa badan anda, ditemani dengan segelas minuman dingin yang sudah anda persiapkan sejak sebelum keberangkatan merupakan kenikmatan tersendiri yang sulit untuk dielakan.

Tak berhenti di situ, dengan air yang sangat jernih anda kemudian bisa melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Temukanlah berbagai jenis keindahan bawah air yang mengagumkan di Pulau Segajah, bahkan anda bisa dengan mudah menemukan clown fish yang berenang kian kemari di lokasi tersebut. Untuk oleh-oleh wisata anda bisa mencoba untuk mengumpulkan kerang yang banyak sekali terdapat di sana, anda bisa mengumpulkannya lantas membawanya untuk kemudian anda masak sebagai sajian makan malam anda nanti ketika berada di Bontang. Meskipun dengan segala kejernihan dan keindahan yang ditawarkan alam bawah air Pulau Segajah ini anda juga harus tetap berhati-hati sebab di sana terdapat banyak bulu babi yang sewaktu- waktu bisa terinjak jika anda tidak berhati-hati.

Transportasi Wisata
Jika anda benar-benar tertarik merasakan keindahan yang tersimpan di Pulau Segajah ini maka rute perjalanan yang anda akan tempuh sebenarnya sangat mudah. Jika anda berencana mengunjungi lokasi ini maka setelah sampai di Balikpapan yakni Bandara Sepinggan maka anda tinggal melanjutkan perjalan menuju ke Kota Bontang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan, namun anda juga bisa memilih untuk menggunakan kendaraan umum yakni bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Setelah anda mencapai Bontang maka selanjutnya anda bisa menuju Pulau Segajah dengan menyewa perahu. Lama perjalanan menuju Pulau Segajah dari Bontang Kuala sendiri memakan hingga 20 menit. 

Akomodasi Wisata



Perlu diketahui bahwa pulau indah ini hanya akan muncul dan terlihat di siang hari saat air laut surut, maka tidak ada satupun bangunan yang berdiri di area tersebut. Tidak ada fasilitas penginapan bahkan rumah makan yang berdiri di atas pulau keil ini, sehingga yang bisa anda lakukan hanyalah kembali ke Bontang dan menyewa atau melakukan reservasi hotel di Bontang. Di Bontang anda bisa menemukan sejumlah hotel dan penginapan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, anda juga bisa menemukan banyak sekali lokasi untuk makan dan mengisi perut kosong anda.



Tips Wisata



Ada beberapa tips yang bisa anda simak sebelum anda memutuskan untuk mengunjungi pulau unik satu ini.



1.Sesuaikan waktu kunjungan anda, jangan datang terlalu pagi dan jangan pula pulang terlalu sore, perkirakan waktu air surut, sebab anda tidak akan bisa menemukan pulau ini ketika air pasang datang.


2.Jangan lupa membawa sunblock ketika anda berkunjung ke tengah pulau kecil ini, sebab tidak ada pohon-pohon yang bisa melindungi anda dari terpaan sinar matahari langsung yang cukup terik di siang hari.


3.Bawalah peralatan diving atau snorkeling sendiri sebab tidak ada penyewaan yang bisa anda temukan di sana.


4.Perhatikan kegiatan anda ketika berada di lokasi ini, sebab banyak sekali bulu babi yang bersembunyi di balik karang-karang di pulau ini, jika anda tidak berhati-hati dan fokus, maka bisa saja anda menginjak bulu babi dan kemudian mencederai anda.


5.Reservasi hotel dan persiapkan makanan sejak awal keberangkatan sebab tidak ada fasilitas akomodasi yang bisa anda temukan di pulau ini.


Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dengan tidak mengotori lingkungan sekitar tempat wisata yang kalian kunjungi tersebut.



Reply

Forum Jump: