#1
BONTANG,  Obsesi Pemkot Bontang untuk membangun Akademi Komunitas berjalan mulus. Pasalnya, tiga (3) institusi penopang akademi komunitas yakni dunia industri, pendidikan tinggi dan pemerintah sudah sepakat menjalin kerjasama guna mensukseskan pendirian akademi komunitas berbasis industri di Bontang.
Kesepakatan ini tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman/ memorandum of understanding (MoU) Pemkot Bontang dengan Politeknik Negeri Polnes) Samarinda untuk membuka Program Studi Diluar Domisili (PSDD) di Bontang. Sementara kerjasama dengan dunia industri ditandai dengan penandatangan MoU dengan 3 perusahaan bonafide yang bergerak di bidang pertambangan dan supporting Migas. Yakni PT United Tracktor Indonesia, PT Pama Persada Nusantara, dan PT Sucopindo.
Proses penandatangan MoU ini dilakukan usai pelaksanaan kuliah umum Akademi Komunitas di Gedung Koperasi Karyawan PKT, Kamis (7/11).
Turut hadir dalam, Staf Ahli Direktur Seamolec Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ir Dewi Sofia, dan Staf Pengajar Institut Teknologi Surabaya (ITS) DR Firman Arifin MT, yang juga pengampu kuliah umum.   
Wakil Walikota Bontang, Isro Umarghani yang mewakili Pemkot Bontang menandatani semua MoU mengaku sangat puas dengan kemajuan akademi komunitas di Bontang. Menurutnya kesepakatan kerjasama yang sudah terjalin dengan pihak Polnes Samarinda dan sejumlah perusahaan bonafide merupakan titik awal dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Bontang. Ia optimis dengan dukungan institusi pendidikan dan perusahaan besar di Kaltim, keberaan Akademi komunitas bakal mampu menjawab kebutuhan perkembangan industri Nasional di Bontang.

"Kita sudah berkomitmen untuk membangun branded Bontang sebagai kota vokasi untuk menyediakan SDM handal dalam jumlah besar dan berkualitas guna mendukung roadmap Industri Nasional yang akan tumbuh di Kota Bontang," kata Wawali.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang Drs Dasuki, selaku penanggung jawab akademi kominutas dalam laporannya mengatakan, kuliah umum dan penandatanganan MoU digelar guna memberikan gambaran umum tentang Akademi Komunitas yang ada di Bontang. Ia menjelaskan pendirian didesaikan untuk menjembatani kesengjangan antara dunia pendidikan dengan perkembangan industri.
Karenanya melalui hasil kerjasama tiga pihak yaitu, pemerintah, industri dan pendidikan diharapkan out put pendidikan yang dihasilkan bisa langsung diserap untuk mendukung kemajuan industri.
Reply

Forum Jump: