#1
[Image: 1644253sitiaisyah2780x390.jpg]

KOMPAS.com — Perempuan Vietnam yang ditahan di Malaysia terkait pembunuhan Kim Jong Nam kemungkinan besar merupakan peserta ajang pencarian bakat di negerinya.

Wajah Doan Thi Huong sangat mirip dengan seorang peserta Vietnam Idol yang tampil pada 3 Juni tahun lalu.

Empat hari sebelum tewasnya Kim Jong Nam, Doan Thi Huong mengunggah fotonya mengenakan kaus bermotif "LOL" mirip dengan kaus yang dikenakan perempuan yang terekam melalui kamera CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Sementara itu, di sebuah desa di wilayah utara Vietnam, keluarga dari perempuan yang identitasnya sama dengan perempuan yang ditahan di Malaysia itu kini kebingungan.

Sebab, keluarga itu tidak mendengar kabar dari perempuan itu sejak dia meninggalkan kediamannya pada usia 18 tahun.

Unggahan terakhir di laman Facebook dengan akun bernama "Ruby Ruby" itu tertanggap 11 Februari dan diunggah dari Kampong Besut, Malaysia.

Lewat status di Facebook itu, pihak keluarga memastikan bahwa perempuan yang ditahan Kepolisian Malaysia adalah Doan Thi Huong.

Di antara tautan dari akun Facebook yang juga menampilkan wajah Huong terdapat tautan laman acara pencarian bakat Vietnam Idol.

Di halaman akun Facebook itu terdapat sosok yang sangat mirip Huong, sedang menyanyi dengan nomor peserta 67816 pada 3 Juni lalu.

Peserta itu menyebut kota Nam Dihn sebagai kampung halamannya, sama dengan alamat yang tertera dalam paspor milik Huong yang disita Kepolisian Malaysia.

Namun, dalam acara itu, dia menyebut dirinya dengan nama Dinh Thi Khuyen.

Menurut keluarga Huong yang adalah petani padi di Nam Dinh, delta Sungai Merah di sebelah tenggara Hanoi, Huong amat jarang pulang menengok keluarganya.

Selama ini, Huong tak pernah menjelaskan kepada keluarganya perihal alamat tempat tinggal atau hal yang sedang dikerjakannya.

Selama ini, pihak keluarga menyangka Huong bekerja di Hanoi, dan mereka baru mengetahui nasibnya setelah menyaksikan berita di televisi.

Kepolisian Malaysia mengatakan, Huong dan seorang perempuan berpaspor Indonesia mengoleskan cairan dengan kandungan racun yang belum diketahui jenisnya ke wajah Kim Jong Nam di terminal keberangkatan KLIA pada 13 Februari lalu.
Reply

Forum Jump: