#1
Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Samarinda adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat. Meskipun Samarinda merupakan kota yang kurang terkenal dengan wisatanya, namun perlu Anda ketahui bahwa Samarinda ini sejatinya adalh kota yang elok, kaya akan keindahan alamnya yang eksotis. Banyak tempat wisata di samarinda yang indah . Bila Anda menelisik lebih dalam mengenai keindahan alam Samarinda, tentunya Anda akan menemukan banyak tempat wisata yang bagus dan layak digunakan sebagai tempat berlibur bagi Anda dan keluarga, teman, atau orang- orang tersayang. Lalu, apa saja yang dapat kita temukan di Samarinda ini? . Berikut adalah beberapa tempat wisata di samarinda :

1.Air Terjun Tanah Merah.

[Image: Air-Terjun-Tanah-Merah.jpg]

Air Terjun Tanah Merah merupakan tempat wisata pertama di Samarinda yang akan kita ulas. Air terjun Tanah Merah merupakan wisata alam yang berupa air terjun yang terletak di Dususn Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, atau di radius 14 kilometer dari pusat kota Samarinda. Air terjun ini merupakan air terjun yang tergolong unik, karena air yang mengalir jatuh adalah air yang sangat jernih, namun ketika sampai dibawah air tersebut akan keruh dan berwarna kemerah- merahan. Hal ini terjadi karena tanah yang berada di kawasan ini merupakan jenis tanah gambut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Meskipun terletak di tengah alam yang sangat hijau dan masih asri, namun tempat ini sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk menjangkau tempat ini kita hanya perlu naik angkot jurusan Pasar Segiri-Sungai Siring. Oleh karena tempatnya yang indah dan mudah dijangkau ini, membuat air terjun ini banyak sekali peminatnya, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini untuk menghabiskan waktu liburnya, terutama pada waktu akhir pekan.

2.Air Terjun Pinang Seribu.

[Image: air+terjun+(2).jpg]
http://infosmd.blogspot.co.id

Masih tentang air terjun. Bila kita berbicara tentang air terjun seolah tidak ada habisnya untuk membicarakan kesegaran alamnya. Jika kita membayangkan air terjun, maka yang terlintas di benak kita adalah air jernih dan segar yang jatuh dari atas sana, membawa suasana menyegarkan yang tiada habisnya, serta percikan air yang bisa membuat kita basah dari jarak beberapa meter karena saking derasnya aliran. Itulah gambaran tentang air terjun secara umum  yang kita temui. Namun tahukah Anda bahwa yang kita bayangkan tadi tidak dapat kita temui pada air terjun Pinang Seribu yang terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda ini.

Bila kita datang mengunjungi air terjun ini maka kita akan melihat air terjun dengan bentuk yang unik, yakni berbentuk undakan seperti anak tangga dan bisa dinaiki. Aliran dari air terjun Pinang Seribu ini juga merupakan air terjun yang aliran airnya tidak terlalu deras, sehingga aman jika digunakan untuk bermain bersama dengan anak- anak. Di air terjun ini kita tidak hanya bisa bermain air saja, namun kita juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling danau buatan. Selain itu, kita juga bisa memancing di kolam sepuasnya . di sekitar tempat ini juga terdapat banyak gazebo untuk bersantai bersama keluarga atau teman- teman serta orang tercinta Anda untuk beristirahan sambil menikmati hidangan makan siang. Jika ingin lebih lama menikmati pemandangan di tempat ini, kita juga bisa menginap di villa yang berada di kawasan tempat wisata ini. Bagaimana, seru bukan? Inilah salah satu potret keindahan alam di Samarinda yang belum banyak diketahui oleg banyak orang.

3.Telaga Permai Batu Besaung

[Image: telaga+batu+besaung.jpg]
http://www.ragamtempatwisata.com

Telaga Permai Batu Besaung merupakan salah satu destinasi wisata di Smarinda yang layak kita kunjungi. Telaga ini merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan kesegaran dan keindahan alamny. Telaga Permai Batu Besaing ini erupakan kawasan hijau yang biasa digunakan sebagai lokasi atau tempat berkemah. Meskipun tidak harus berkemah disini, Anda bisa menikmati pemandangan alamnya. Tempat ini mepunyai ketinggian yang berbeda- beda atau bervariasi sehingga sungai yang melalui tempat ini menyerupai air terjun pendek. Di sungai ini kita bisa bermain dan juga berendam di penampungan airnya yang tidak terlalu dalam tersebut. Jika Anda tidak menyukai berendam atau bermain di air, maka Anda bisa berjalan- jalan menikmati pemandangan di sekelilingnya, menjelajahi hutan di kawasan tersebut.

4.Kebun Raya Unmul Samarinda.

[Image: 86KRUS_3.jpg]
http://www.kliksamarinda.com

Setelah kita membicarakan wisata alam yang berupa air terjun dan juga pantai yang keduanya murni ciptaan Tuhan, maka selanjutnya kita akan membahas objek wisata yang berhubungan ciptaan manusia atau hasil dari kreativitas manusia. Slah satu objek wisata di Samarinda yang dibuat oleh manusia atau berdasarkan kreativitas manusia adalah kebun raya Unmul ini. Yang dimaksud Unmul disini adalah Universitas Muawarman. Kebun raya ini sebenarnya bukanlah asli diciptakan sebagai kawasan wisata, namun kebun ini sebenarnya merupakan hutan pendidikan milik Universitas Mulawarman yang kemudian dibuka untuk umum.

Di kawasan kebun raya ini terdapat sebuah danau yang berucuran cukup besar. Kita bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan sepeda air. Jika tidak ingin bermain di danau, kita bisa mengelilingi kebur raya ini via darat dengan menggunakan andong. Tempat wisata kebun raya ini kian lengkap dan menarik dengan adanya mini kebun binatang serta museum kayu yang memuat berbagai informasi tentang jenis- jenis kayu di Kalimantan. Kebun Raya ini dibuka pada setiap hari kecuali hari Jum’at, yakni mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00. kebun Raya ini sangat cocok bila dijadikan tempat berlibur keluarga di setiap akhir pekan.

5.Taman Rekreasi Lembah Hijau

[Image: Taman-Rekreasi-Lembah-Hijau.jpg]
http://www.wisatakalimantan.com

[Image: Lembah-Hijau.jpg]
https://wisatasumatera.com

Jika kita mendengar kata lembah, maka yang ada di benak kita adalah kenampakan alam yang berupa dataran rendah dengan tanahnya yang subur serta berbagai spesies tumbuhan serta hewan berada disana. Seperti halnya jika kita mendengar nama wisata lembah hijau ini. Namun Tahukah Anda, jika ternyata tempat wisata taman rekreasi Lembah Hijau ini bukanlah yang demikian tersebut? Taman rekreasi Lembah Hijau di Samarinda ini merupakan tempat rekreasi buatan manusia. Tempat ini berada tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda yang kita bahas sebelumnya.  Taman rekreasi ini berada tepatnya di jalur Samarinda-Bontang Km 15. Di taman Lembah Hijau ini terdapat camping ground, dan juga fasilitas- fasilitas menarik lainnya seperti flying fox, kolam renang, area bermain untuk anak, replika hutan, kolam pancing, kafetaria, hingga gazebo untuk beristirahat.

Sehingga jika Anda dan keluarga merasa capek setelah berkeliling, Anda bisa menggunakan gazebo ini untuk beristirahat bersama keluarga Anda. Dan jika Anda lapar maka bisa membeli makanan di kantin atau kafetaria yang telah disediakan. Kolam renang di taman rekreasi ini juga bukan kolam renang biasa, namun kolam renang water boom yang ada fasilitas selunsur airnya, sehingga anak- anak akan lebih menikmati fasilitas di taman rekreasi ini. Selain ada seluncuran air, kolam renang disini juga ada fasilitas air byur, yakni ember raksasa yang diisi air penuh kemudian ditumpahkan kepada pengunjung. Wahana ini menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

6.Tjiu’s Palace Samarinda

[Image: 20131221_132003.jpg]
http://novinope7.blogspot.co.id

[Image: 2013-08-11-13-07-18.jpg]
https://ifanjayadi1980.wordpress.com

Tjiu’s palace merupakan tempat wisata yang berada di daerah Smbutan, lebih tepatnya di Jalan Suktan Sulaiman (pelita 6) Samarinda. Tjiu’s palace ini merupakan tembap wisata yang banyak mempunyai atraksi hiburan, seperti kolam yang digunakan untuk memnacing atau untuk bermain sepeda kayuh air dengan bentuk yang bermacam- macam mulai dari binatang, hingga  mobil. Selain itu di tempat ini juga disediakan kereta api dan juga kolam khusus bagi anak- anak yang mengelilingi area sepeda air.

Di tempat ini juga terdapat lapangan fultasl untuk tempat bermain bagi anak- anak. Untuk masuk di tempat ini, kita tidak dikeakan biaya masuk. Namun ketika berada disini, maka tidak boleh membawa makanan atau minuman dari luar tempat ini. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tempai ini cocok digunakan sebagai tempat untuk menghabiskan hari libur Anda bersama dengan hobi kesayangan.

Reply
#2
Pengelolaan kebun raya ,buruk sekali. coba kalau pengelolaanya baik.tentunya jadi icon dan obyek wisata andalan. Musik
Reply
#3
Taman Rekreasi Lembah Hijau kayanya cocok nih kalau memang wisataan sambil foto-foto udah gitu mau dapet angin sepoi-sepoi kayaknya cocok kemari...
Btw, kalau kesini juga bisa duduk-duduk nyantai karena ada furniture disekitarnya yang disedian, kalau semisalnya piknik2 gitu boleh ga sih disini?
Sedia Outdoor Furniture & Patio Furniture Cushions yang berkualitas dan tahan lama.
Reply

Forum Jump: