#1
TRIBUNKALTIM.co.id -  Sejak olahraga ekstrem skateboard menjadi trend di Indonesia tahun 2000-an, ketika itu didominasi oleh skater- skater Jakarta dan Bandung. Kini tidak hanya di Pulau Jawa. Namun meluas ke Sumatera dan Kalimantan dan Sulawesi. Skateboard menjadi pilihan sebagian remaja  perkotaan sebagai sarana hiburan hingga prestasi.

Bahkan di Provinsi Kaltim telah terbentuk Indonesia Skateboarding Association (ISA) Kaltim. Para skater bernaung di wadah ini. Organisasi ini diketuai Yos Christian.  Skateboard ini cukup diminati kaum remaja. Bahkan menjadi warna gaya hidup tersendiri bagi mereka. Memang berbeda dengan olahraga yang lain. Menggeluti kegiatan  yang menggunakan papan beroda empat berukuran 60 hingga 80 sentimeter, mereka harus memiliki ketekunan, kesabaran dan keberanian risiko cedera.
Di Samarinda, para skater yang tergabung di sejumlah komunitas biasa berlatih di kawasan gedung PKK Skatepark Samarinda Jl Ruhui Rahayu. Mereka tak sekadar bermain.  Skater asal Samarinda juga memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional. Mereka adalah Ramdhan Maulana dan dan Akhmad Fauzy.
Belum lama ini, Ramdhan mengikuti Indonesian Open Extrem Champions tingkat Asia Tenggara di Palembang. Sayangnya, Ramdhan harus puas masuk di babak semi final.  Meski gagal di kejuaraan terbuka tingkat Asia Tenggara, Ramdhan tidak kecewa. Ia berupaya untuk mencapai yang terbaik.
Bulan depan  atau awal Desember 2011, ia kembali mengikuti Singapore Open Extrem Champion. "Event di Singapore ini seperti pekan olahraga skateboard. Kejuaraan ini tingkat Asia Tenggara juga," kata Ramdhan, Minggu (30/10).
Selain Ramdhan, skater-skater asal Samarinda seperti Jefry Royen pernah menyabet medali perak diajang Roller Caling Open tingkat Asia di Bandung. Skater Kaltim mengirimkan, lima atlet dari Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan. Skater Kaltim berhasil membawa pulang medali perak melalui skater Jefry Royen asal Samarinda.
Ramdhan berharap event di Singapura nanti bisa menyumbangkan medali. Event internasional ini, kata Ramdhan, Pemkot Samarinda turut memberikan bantuan dana untuk mengirimkan skater asal Samarinda. "Sekarang pemerintah mau bantu. Karena ini membawa nama daerah," kata Ramdhan yang memilih sementara ini menekuni olahraga skateboard daripada kuliah.  
Keputusan Ramdhan ini, bukan tanpa alasan. Ia memilih olahraga ini karena bisa mewakili jiwanya sebagai anak muda. "Skateboard ini bukan cuma olahraga tapi ada lifestyle-nya. Ini yang mewakili saya. Makanya saya pilih ke skateboard dulu," ujar Ramdhan.
Trend olahraga skateboard, memang tak bisa dipungkiri mengarah pada fashion anak-anak muda. Mulai dari hiphop ke punk dan natural. Ciri-ciri komunitas skateboard adalah kasual, bebas dengan memakai pakaian bermerek skateboard dan sepatu skate. Komunitas skateboard selalu meng-up date perkembangan skateboard dan lifestyle ala skaters.(bud)
Reply

Forum Jump: