#1
Lima Alternatif Dapatkan Dana untuk Startup Anda
[Image: startup-indonesia0-300x150.jpg]

Biasanya dana selalu menjadi akar permasalahan dalam sebuah startup. Mencari sumber pendanaan bagi startup tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan dan juga bukanlah suatu hal yang bisa diperloleh secara instan. Berbagai macam cara dilakukan oleh para founder startup guna mendapatkan suntikan dana tambahan untuk membuat startup mereka kian berkembang. Salah satu metode dalam mencari sumber pendanaan yang sering dilakukan pelaku bisnis startup ialah dengan mengadakan fund rising. Namun, melakukan penggalangan dana merupakan proses yang melelahkan dan penuh dengan ketidakpastian. Nah, berikut ini terdapat 5 alternatif bagi Anda dalam usaha mendapatkan tambahan dana bagi perusahaan yang Anda miliki. Yuk, kita simak bersama! 

Menggunakan uang pribadi

Cara pertama untuk mendapatkan dana bagi startup Anda ialah dengan menggunakan modal pribadi. Mengeluarkan dana sendiri memang akan selalu menjadi tahap awal mendapatkan biaya bagi perusahaan. Namun, uang yang Anda miliki tentu saja terbatas sedangkan kebutuhan perusahaan untuk berkembang akan semakin meningkat.

Menggalang dana

Kegiatan penggalangan dana atau yang biasa disebut dengan istilah crowdfunding merupakan penggalangan dana yang dilakukan oleh banyak orang untuk ikut berkontribusi menyumbangkan uangnya untuk membantu sebuah bisnis tersebut agar dapat berjalan. Proses ini memang tidak mudah, karena Anda tentu harus memiliki relasi yang luas dan percaya diri untuk memperkenalkan bisnis ini ke berbagai kalangan dengan latar belakang dan pandangan hidup yang berbeda.

Hadiah kompetisi dan program dari inkubator

Di tengah berkembangnya industri startup tanah air, muncul lah berbagai program inkubator dan akselerasi startup yang rajin membuka kompetisi bagi para founder. Kompetisi dan program tersebut memiliki sebuah tujuan untuk membantu para startup untuk menemukan model bisnis yang baik, menuntun mereka bagaimana membangun sebuah startup yang tepat hingga mereka mendapatkan tujuannya. Gunakan inkubator dan akselerator tersebut untuk meningkatkan kualitas startup Anda, khususnya dari segi pendanaan,

Pinjaman dari bank

Pinjaman dari bank merupakan jawaban dari segala keresahan para founder dalam mendapatkan biaya ekstra untuk menunjang perusahaannya. Namun, kadang kala, pihak bank akan mempersulit persyaratan bagi para founder dalam mendapatkan pinjaman. Ditambah lagi, persentase bunga dari pinjaman yang menjulang tinggi membuat para founder menderita.

Suntikan dana investor

Investor atau pemodal adalah pihak yang memiliki modal untuk dipinjamkan atau diinvestasikan pada suatu perusahaan. Investor dibagi menjadi dua macam yaitu Angel Investor dan Venture Capital. Jangan pernah ragu untuk mencoba mendapatkan pendanaan dari para investor karena mereka berani memberikan suntikan modal dalam jumlah yang besar.

Sumber : indigo
Reply
#2
Jos gandos .... Smiley_beer
Reply
#3
Terkadang kendala Modal,Banyak startup potensial mati ditengah jalan. Sakit
Reply
#4
#5
ijin nyimak
Reply

Forum Jump: