#1
Bandara Sepinggan menjadi salah satu yang akan dijadikan percontohan parkir non tunai.

[Image: terapkan-e-money-untuk-parkir.jpg]
PAKAI KARTU: Pengelolaan parkir di Bandara Sepinggan menjadi salah satu yang akan dijadikan percontohan parkir non tunai.

Pembayaran parkir bakal dipermudah. Pemkot akan menerapkan sistem e-Money. Ini juga wujud dukungan terhadap program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).
Kabag Perekonomian Setkot Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan, usulan pemkot ini juga bertujuan untuk membantu mempercepat akses pembayaran dan menghemat waktu dalam proses antre pembayaran. "Jadi masyarakat kalau bayar parkir tidak perlu lagi bayar tunai yang perlu uang kembalian. Nanti pakai kartu bayarnya," ujarnya.


Dengan sistem ini, diharap retribusi parkir bisa terkontrol dan masuk langsung ke kas daerah dalam tiap transaksi. Tidak lagi menunggu pembayaran pengelola parkir per bulan. "Dengan sistem ini kami harap transaksi bisa langsung termonitor. 30 persen masuk kas daerah dan 70 persen ke pengelola parkir," ujarnya.
Namun, kata dia, saat ini pemkot masih dalam tahap menyusun kerangka acuan kerja. Sehingga perlu beberapa tahap yang dilalui agar sistem ini bisa terealisasi. Yakni mengadakan diskusi dengan Bank Indonesia, melakukan diskusi bersama pihak pengelola parkir. Bila setuju maka ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara pihak pengelola, bank dan pemerintah.

"Lalu nanti sistem mesin pembayarannya seperti ATM bersama. Seluruh bank bisa menggunakannya. Nanti dengan e-money, saldo bisa diisi ulang atau di-top up," ungkapnya.
Untuk sistem ini, pihak pemkot akan menerapkan percontohan di pusat perbelanjaan dan daerah padat kunjungan masyarakat. Seperti e-Walk, Plaza Balikpapan, maupun Bandara SAMS Sepinggan. "Kita bangun sistem dulu. Ini langkah menuju smart city," imbuhnya. Targetnya sistem ini sudah bisa diterapkan Juli atau Agustus.


Reply
#2
Lebih mahal atau lebuh murah nih ?
Reply
#3
yang penting dana jangan dikorupsi
Reply
#4
Balikpapan gitu loch..  Duit
Reply

Forum Jump: